*Teknologi pendidikan
adalah kajian dan praktik untuk membantu proses belajar dan meningkatkan
kinerja dengan membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi
yang memadai.Istilah teknologi pendidikan sering dihubungkan dengan teori
belajar dan pembelajaran. Bila teori belajar dan pembelajaran mencakup proses
dan sistem dalam belajar dan pembelajaran, teknologi pendidikan mencakup sistem
lain yang digunakan dalam proses mengembangkan kemampuan manusia.
*Berikut
beberapa definisi teknologi pendidikan :
1. Suatu cara yang sistematis dalam
mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi proses keseluruhan dari belajar dan
pembelajaran dalam bentuk tujuan pembelajaran yang spesifik, berdasarkan
penelitian dalam teori belajar dan komunikasi pada manusia dan menggunakan
kombinasi sumber-sumber belajar dari manusia maupun non-manusia untuk membuat
pembelajaran lebih efektif. Dengan demikian, sejak tahun 1970an, sudah ada
pandangan bahwa manusia (dalam hal ini guru ) bukanlah satu-satunya sumber
belajar.
2. Menurut Tom Cutchall (1999) teknologi pendidikan merupakan penelitian dan aplikasi
ilmu perilaku dan teori belajar dengan menggunakan pendekatan sistem untuk
melakukan analisis , desain, pengembangan, implementasi, evaluasi dan
pengelolaan penggunaan teknologi untuk membantu memecahkan masalah belajar dan
kinerja. Tujuan utamanya adalah pemanfaatan teknologi untuk membantu memecahkan
masalah belajar dan kinerja manusia
3. Teknologi pendidikan adalah satu bidang dalam memfasilitasi
belajar manusia melalui identifikasi, pengembangan, pengorganisasian dan
pemanfaatan secara sistematis seluruh sumber belajar dan melalui pengelolaan
proses kesemuanya itu. Obyek formal menurut pengertian ini adalah bagaimana
memfasilitasi belajar.
4. Teknologi pendidikan adalah proses
kompleks yang terintegrasi meliputi orang, prosedur , gagasan, sarana dan
organisasi untuk menganalisis masalah dan merancang, melaksanakan, menilai dan
mengelola pemecahan masalah dalam segala aspek belajar manusia. Obyek formal
teknologi pendidilkan adalah memecahkan masalah belajar manusia. Dilakukan
dengan cara menganalisis masalah terlebih dahulu, baru kemudian melaksanakan,
menilai dan mengelola pemecahan masalah tersebut.
5. Definisi terbaru, teknologi pendidikan
adalah studi dan praktek etis dalam upaya memfasilitasi pembelajaran dan
meningkatkan kinerja dengan cara menciptakan, menggunakan atau memanfaatkan,
dan mengelola proses dan sumber-sumber teknologi yang tepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar