Anak  itu adalah seorang lelaki atau perempuan yang belum dewasa atau belum mengalami masa pubertas. Anak
juga merupakan keturunan kedua, di mana kata "anak"
merujuk pada lawan dari orang tua,
orang dewasa adalah anak dari orang tua mereka,
meskipun mereka telah dewasa. Menurut psikologi, anak adalah periode pekembangan yang
merentang dari masa bayi hingga usia lima atau enam tahun, periode ini biasanya
disebut dengan periode prasekolah, kemudian berkembang setara dengan tahun
tahun sekolah dasar. 
Perkembangan di
Masa Kanak-Kanak Awal 
 Tugas perkembangan masa kanak – kanak awal: 
·        
Belajar perbedaan dan aturan-aturan jenis
kelamin
·        
Kontak perasaan dengan orang tua, keluarga dan orang-orang lain.
·        
Pembentukan pengertian sederhana, meliputi realitas fisik dan
realitas sosial.
·        
Belajar apa yang benar dan apa yang salah; perkembangan kata hati
Perkembangan fisik pada masa kanak-kanak awal: 
·        
Pertumbuhan tinggi dan berat badan
·        
Pertumbuhan masa kanak-kanak awal tidak 
·        
terjadi sepesat pada masa bayi 
·        
Pada masa kanak-kanak awal, rata-rata anak 
·        
bertambah tinggi 6,25 cm setiap tahun, dan 
·        
bertambah berat 2,5 – 3,5 kg setiap tahun.
·        
Pada usia 6 tahun berat harus kurang lebih 
·        
mencapai tujuh kali berat pada waktu lahir
·        
Postur tubuh anak
pada masa kanak-kanak awal:
berbentuk gemuk (endomorfik),berotot (mesomorfik), relatif kurus  (ektomorfik)
Perkembangan motoric masa kanak-kanak awal: 
Awal masa kanak-kanak merupakan masa 
yang paling baik untuk mempelajari 
keterampilan tertentu, karena tiga
alasan, 
yakni :
1.Anak senang mengulang-ulang,
sehingga 
dengan senang hati mau mengulang
suatu 
aktivitas sampai terampil.
2. Anak-anak bersifat pemberani,
sehingga tidak 
terhambat rasa takut kalau mengalami
sakit 
atau diejek teman-teman sebagaimana 
ditakuti oleh anak yang lebih besar.
3. Anak mudah dan cepat belajar
karena tubuh 
mereka masih lentur dan keterampilan
yang 
dimiliki baru sedikit, sehingga
keterampilan 
yang baru dikuasai tidak mengganggu 
keterampilan yang sudah ada.
·        
Keterampilan umum yang sering dilakukan anak-
anak biasanya menyangkut keterampilan
tangan 
dan kaki.
·        
Keterampilan dalam aktivitas makan dan 
berpakaian sendiri biasanya dimulai
pada masa 
bayi dan disempurnakan pada masa
kanak-kanak 
awal. 
·        
Antara usia 5 dan 6 tahun sebagian besar anak-
anak sudah pandai melempar dan
menangkap 
bola. Mereka dapat menggunakan
gunting, dapat 
membentuk tanah liat, bermain membuat
kue-kue 
dan menjahit, mewarnai dan menggambar
dengan 
pinsil atau krayon. Mereka juga sudah
dapat 
menggambar orang.
Perkembangan intelektual
pada masa kanak-kanak awal:
·        
Perkembangan kognitif
: Pada masa kanak-kanak awal, anak berpikir konvergen menuju ke suatu jawaban
yang paling mungkin dan paling benar terhadap suatu persoalan. 
·        
Perkembangan bahasa
dan bicara : Bahasa dibutuhkan untuk komunikasi dengan dunia luar. Dalam pembahasan
di sini bahasa yang 
dimaksud adalah
bahasa tutur kata yang dapat dimengerti oleh sesama manusia.
Perkembangan sosioemosional masa kanak-kanak awal: Aspek-aspek
perkembangan sosial emosional anak-anak prasekolah dapat menjadi bagian
integral dari perkembangan area lainnya, seperti perkembangan aspek kognitif
dan perkembangan motorik.
Perkembangan moral pada masa kanak –
kanak awal: 
·        
Dengan mengambil sudut pandang orang lain, akan membantu
anak memahami apa yang benar dan apa yang salah.
·        
Melalui interaksi anak dengan orang lain, ia segera
menangkap apa yang diharapkan dalam situasi sosial, dan anak akan sampai pada
perkembangan sejumlah pemahaman sosial. 
  
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar